Game Online = Narkoba ?  

Posted by Frans
       Dengan terus berkembang pesatnya kemajuan jaman, terlepas dari era milenium kini kita memasuki era globalisasi. Teknologi-teknologi canggih terus menerus bermunculan layaknya jamur. Hanya dalam hitungan minggu saja misalnya sebuah aplikasi dapat berubah versi menjadi aplikasi yang lebih efisien lagi. Tidak hanya aplikasi-aplikasi kantoran saja, tetapi sampai kepada aplikasi hiburan di dunia maya yang dapat dijangkau dengan internet. Banyak sekali judul-judul aplikasi hiburan atau yang biasa disebut game online bermunculan setiap bulannya. Skala peminat game online pun tidaklah menyusut. Setiap bulan statistika pemain terus menerus bertambah.

       Sesungguhnya memang semua yang ada di jagat raya ini memiliki sisi baik dan buruknya masing-masing. Segala sesuatu yang berlebih sudah tentu tidaklah baik. Semua membutuhkan keseimbangan agar tidak terjadi ketimpangan. Dampak-dampak yang didapat dari game online tidak terpaku pada keburukannya saja. Banyak yang mengaku dapat menguasai beberapa macam bahasa asing melalui media game online ini. Beberapa juga mengatakan dengan bermain game online mereka mendapatkan banyak kenalan baru dan memperluas jaringan sosialnya. Keterampilan dan kecerdasan pun bisa didapatkan melalui game online, hanya saja semua itu tetap harus ada pembatasnya.

       Terlepas dari semua itu sebenarnya terdapat pula sisi buruk dari game online ini. Kembali kepada pernyataan bahwa segala sesuatu yang berlebih itu tidak baik adanya. Bermain game online secara berlebih tanpa ada batasan juga akan berdampak sangat buruk. Dimulai dari lemahnya cara bersosialisasi secara nyata karena lebih terbiasa dengan dunia maya dimana seseorang akan lebih condong untuk menutup diri dari lingkungan sekitarnya. Selain itu hubungan orang tersebut dengan keluarga, sahabat, dan masyarakat juga terganggu karena mereka akan lebih memilih untuk berada di depan layar.

       Sifat-sifat buruk lain juga dapat timbul seperti mencuri uang hanya untuk membeli berbagai keperluan di dunia maya nya yang pada akhirnya tidaklah kekal keberadaannya. Dari segi kesehatan pun pecandu dapat terjangkit banyak penyakit seperti gangguan pada ginjal akibat kurang mengkonsumsi air dan terlalu lama duduk serta gangguan saraf mata akibat radiasi sinar yang dipancarkan oleh layar. Penyakit-penyakit jantung dapat dialami jika pecandu terus menerus makan sambil bermain dan tidak pernah berolahraga. Secara fisik pecandu akan lebih mudah kelelahan jika melakukan aktifitas lain.

       Tidak hanya itu saja, pecandu juga dapat meninggalkan kewajibannya untuk beribadah yang pada akhirnya menjadi salah satu tipe pemujaan pada sesuatu yang maya. Tingkat keinginan si pecandu untuk belajar pun turut menurun, dan juga rasa gelisah jika tidak bermain. Hingga pada dampak terparah yaitu kematian yang dapat dikarenakan oleh komplikasi penyakit maupun stres berat.

       Jika diperhatikan, kecanduan pada game online ini memiliki banyak kemiripan dengan kasus para pecandu narkoba seperti rasa gelisah jika tidak melakukan, melakukan tindak kriminal seperti mencuri, dan sifat tertutup pada masyarakat. Kecanduan ini sebenarnya dapat ditinggalkan. Hanya saja semua itu membutuh kan niat dan tekat yang kuat. Tidak lupa, berdoa kepada Tuhan agar diberi kekuatan untuk terlepas dari kecanduan tersebut.



| HOME |

This entry was posted on Monday, April 02, 2012 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments