Manusia dan Keindahan  

Posted by Frans
     Seringkali kita mendengar atau bahkan mengucapkan kata indah tetapi cukup sulit untuk menjelaskannya. Dalam berbagai macam hal, keindahan dapat memiliki makna yang berbeda. Namun pada umumnya keindahan itu mengacu kepada sesuatu yang menjadi ciri dari makhluk hidup maupun objek lainnya yang menimbulkan suatu suasana yang menyenangkan ataupun menenangkan.


     Keindahan itu sendiri tentu berasal dari tiap-tiap individu yang menikmatinya. Tidaklah tentu bahwa suatu objek yang kita anggap indah juga merupakan hal yang indah di mata orang lain. Oleh karena itu keindahan yang abstrak ini hanya mampu dirasakan oleh sebagian orang saja. Tentu saja hal ini terjadi karena adanya perbedaan sudut pandang antara unsur intrinsik dan ekstrinsik dari objek tersebut. Seperti halnya sebuah karya dalam dunia maya, baik itu berupa lukisan yang dibuat langsung menggunakan aplikasi maupun yang dibuat secara manual lalu di scan untuk di lemparkan ke dalam dunia maya. Mungkin sebagian orang dapat melihat keindahannya berdasarkan kemampuan sang pelukis dalam menuangkan perasaannya ke dalam lukisan itu. Di sisi lain, ada pula yang hanya melihat dari segi warna, maupun kualitas gambarnya saja.


     Keindahan tidak hanya terpaku pada objek-objek umum seperti pemandangan alam, lukisan, ataupun benda-benda antik lainnya. Tanpa kita sadari, hubungan antar makhluk hidup pun dapat menjadi sebuah sumber keindahan. Keharmonisan adalah salah satu pengamalannya. Ketika kita melihat sebuah keluarga kecil yang harmonis tentu akan tampak lebih indah dibandingkan dengan sebuah keluarga besar dan kaya, namun tidak ada keharmonisan di dalamnya. Hal ini menjadi salah satu contoh sederhana bahwa keindahan juga dapat lahir dari keserasian antara manusia sebagai makhluk hidup.

| HOME |

This entry was posted on Friday, April 20, 2012 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments