Makalah tentang "Kepribadian Bangsa Timur"  

Posted by Frans
Kepribadian Bangsa Timur

Kata Pengantar

   Puji dan syukur saya ucapkan ke hadirat Tuhan YME karena atas berkatnyalah penulisan makalah ini dapat diselesaikan dengan baik. Di dalam makalah ini saya akan membahas mengenai keberadaan manusia sebagai makhluk budaya. Semoga hasil penulisan ini dapat bermanfaat baik untuk penulis maupun pembaca.

BAB I

Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

   Di Bumi ini terdapat beragam suku dan bangsa. Sebuah bangsa tentu memiliki ciri khasnya yang pasti tidak serupa dengan bangsa lain. Hal itu yang menjadi pembeda antar bangsa. Ciri khas tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek, dimulai dari aspek cara hidup, norma, adat, budaya, keyakinan, dan lain sebagainya.

   Masyarakat yang ada di bagian timur Bumi atau yang biasa disebut sebagai "Bangsa Timur" tentu memiliki kepribadian yang berbeda dengan bangsa-bangsa lain yang terletak di belahan Bumi yang lain.

1.2 Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang terkandung dalam makalah ini meliputi :
   a. Pengertian kepribadian.
   b. Kepribadian yang ada dan hidup sebagai jati diri bangsa timur.

1.3 Tujuan Makalah

   Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas yang diberikan kepada penulis dan juga sebagai pembelajaran bagi penulis. Disamping itu, hasil penulisan makalah ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca.

BAB II

Pembahasan

2.1 Pengertian Kepribadian

   Kepribadian dapat diartikan sebagai suatu kecenderungan seseorang untuk melakukan sesuatu yang bersifat sosial baik dalam hal perasaan, pola pikir, bersikap, berkehendak, ataupun dalam berbuat.

   Menurut beberapa ahli seperti Yinger, kepribadian merupakan keseluruhan perilaku dari seorang individu dengan system kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian instruksi.

   Sedangkan M.A.W Boouwer menyatakan bahwa kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini dan sikap-sikap seseorang.

   Kepribadian tentu memegang peranan penting dalam hidup manusia. Hali ini terjadi karena manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan sesamanya untuk bertahan hidup.

2.2 Kepribadian yang Ada dan Hidup Sebagai Jati Diri Bangsa Timur

   Bangsa timur tentu terkenal dengan berbagai macam ciri khasnya. Mayoritas dari mereka memiliki sifat yang ramah dan sopan serta mudah bersosialisasi dengan bangsa lainnya jika dibandingkan dengan bangsa barat yang cenderung hidup lebih individualis. Selain dari hal itu, bangsa timur juga dikenal sebagai bangsa dengan rakyat yang senang bekerja keras. Penduduknya terkenal sebagai orang yang tidak mudah putus asa, rajin, dan bersungguh-sungguh.

   Dari sisi keyakinan pun, bangsa timur terkenal dengan keragaman ras serta budayanya. Hal ini terjadi karena pedoman hidup bangsa timur adalah tradisi dan agama. Dengan adanya keterikatan akan adat dan budaya tersebut, setiap individu dari bangsa timur pasti akan berusaha untuk mencapai potensi maksimalnya.

   Salah satu hal lain yang terkenal sebagai kepribadian dari bangsa timur adalah rasa hormat pada leluhurnya. Bangsa timur dikenal dengan kegigihannya dalam menjunjung tinggi norma kesopanan karena adat yang berlaku di lingkungna bangsa timur sangat berpengaruh terhadap kesopanan orang-orangnya. Tidak hanya hal itu, bangsa timur juga sangat bergantung pada keluarganya. Bagi mereka, keluarga sudah menjadi sebuah faktor utama dalam hal mempertimbangkan banyak hal seperti urusan jodoh dan karir. Beberapa dari semua kepribadian yang ada pada bangsa timur tersebut, telah tumbuh dan berkembang di setiap individu yang ada.

BAB III

Penutup

3.1 Kesimpulan

Dari pembahasan ini dapat ditarik sebuah kesimpulan :

          a. Kepribadian sudah menjadi kodrat bagi manusia untuk membedakannya dengan manusia lain.
          b. Bangsa timur juga memiliki kepribadian yang menjadi ciri khasnya sebagai pembeda dari bangsa-bangsa lain.

3.2 Saran

   Dengan diselesaikannya makalah ini, penulis berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan pembaca. Selanjutnya, penulis juga mengharapkan kritik dan saran guna menyempurnakan makalah ini kedepannya.

| HOME |

This entry was posted on Friday, March 23, 2012 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments