Texturing  

Posted by Frans
Texturing atau yang biasa dikenal dengan Texture Mapping merupakan sebuah metode penambahan detail tekstur (dapat berupa bitmap ataupun raster image) atau warna pada permukaan objek 3D dalam desain grafis berbasis komputer. Proses pemetaan tekstur ini mirip dengan metode perekatan kertas bermotif pada sebuah kardus sebagai contohnya. Tujuan utama dari Texture Mapping adalah untuk memberi kesan hidup pada sebuah objek 3D. Setiap vertex dari objek poligon diatur oleh koordinat tekstur baik melalui penugasan eksplisit maupun secara prosedural. Lokasi dari sampel gambar kemudian akan diinterpolasi sepanjang permukaan objek poligon tersebut untuk menghasilkan hasil visual yang nampak lebih nyata dibandingkan objek 3D tanpa tekstur.


Terdapat beberapa metode pemetaan tekstur, beberapa diantaranya adalah :


  • Multitexturing
    Sebuah upaya untuk melakukan banyak pemetaan tekstur di saat yang sama pada sebuah objek poligon. Contohnya sebuah pemetaan tekstur pencahayaan dapat dilakukan untuk memastikan pencahayaan pada permukaan objek  telah benar untuk setiap proses rendering.

  • Bump Mapping
    Sebuah metode pemberian tekstur menonjol yang mengatur secara langsug arah hadap suatu permukaan objek untuk tujuan kalkulasi pencahayaan yang sempurna. Contohnya untuk penampilan permukaan yang kompleks seperti batang pohon yang tidak mulus sehingga pasti akan memiliki efek pencahayaan yang lebih detail lagi.

Sumber : Wikipedia.org

| HOME |

This entry was posted on Sunday, November 17, 2013 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments