Manusia dan Tanggung Jawab  

Posted by Frans
     Dalam menjalani kehidupan, setiap manusia pasti dihadapkan dengan tanggung jawab. Tanggung jawab ini merupakan suatu kewajiban yang memiliki prioritas tinggi berdasarkan dari tindakan yang telah dilakukan. Dalam setiap tindakan yang dilakukan haruslah disertai dengan rasa penuh tanggung jawab karena memiliki konsekuensinya masing-masing.

     Tanggung jawab dimulai dari entitas tertinggi yaitu kepada Tuhan. Sudah sepatutnya kita sebagai makhluk ciptaan-Nya mempertanggung jawabkan hidup yang diberikan kepada kita ini dalam bertingkah laku, berpikir, dan beriman. Setelah itu, tanggung jawab ini akan berhubungan dengan diri kita sendiri, dimana kita harus dapat bertanggung jawab dengan apa yang telah kita lakukan, baik itu perbuatan yang baik bahkan perbuatan yang tidak baik. Jika kita telah dapat bertanggung jawab dengan diri kita sendiri, maka tanggung jawab selanjutnya adalah kepada keluarga kita, seperti tanggung jawab orang tua kepada anak dan sebaliknya. Tidak hanya sampai di situ saja, tanggung jawab yang lebih luas lagi adalah tanggung jawab kepada masyarakat, bangsa, dan negara dimana perbuatan kita haruslah sesuai dengan norma dan nilai yang ada di dalamnya.

     Berbicara mengenai tanggung jawab, tidaklah jauh dari suatu pengabdian. Hal ini dikarenakan pengabdian adalah salah satu buah dari rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap suatu hal yang dianggap sangat berharga atau penting. Contohnya adalah seorang kepala ahli database dari sebuah perusahaan besar dan terkenal yang mengabdi untuk bekerja menjaga keamanan dan kerahasiaan database perusahaan tersebut.

     Dengan pengabdian, maka pengorbanan juga dibutuhkan karena pengorbanan merupakan suatu wujud tindakan yang dilakukan untuk menjaga, setia, dan menghormati serta menghargai apa yang kita anggap berharga / sayangi. Contohnya ialah pengorbanan orang tua terhadap anaknya. Mereka akan berusaha sebaik mungkin agar anaknya bisa mendapatkan kehidupan yang layak.

| HOME |

This entry was posted on Saturday, May 19, 2012 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments