Sesaknya Bumi  

Posted by Frans
Sebagai manusia yang tinggal di bumi tercinta ini, tentunya kita mengetahui bahwa siklus hidup akan terus menerus berlangsung tanpa henti. Salah satunya akibatnya adalah permasalahan populasi manusia yang terus meningkat pula.


Dengan terus meningkatnya populasi hidup ini, kita pasti menyadari bahwa hal tersebut akan mempengaruhi banyak aspek kehidupan. Beberapa diantaranya adalah berkurangnya hutan di bumi akibat kebutuhan tempat tinggal yang terus menerus meningkat dari tahun ke tahun. Tidak hanya di negara lain, masalah tersebut juga dialami oleh negara tercinta kita ini.


Penebangan hutan untuk dijadikan wilayah pemukiman bukanlah hal yang asing lagi untuk terjadi. Telah banyak kawasan-kawasan hutan di Indonesia telah disulap menjadi wilayah pemukiman penduduk.

Hal lain yang menjadi akibat dari masalah populasi yang terus meningkat adalah lapangan pekerjaan. Kita tentu tahu untuk mendapatkan pekerjaan pada masa-masa kini bukanlah hal yang mudah. Dengan meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia maka jumlah orang-orang yang ingin bekerja pun meningkat. Hal itu menyebabkan seleksi penerimaan pekerjaan juga semakin sulit. Kita dituntut untuk memiliki kemampuan yang sangat tinggi baik dalam hal wawasan maupun kemampuan bersikap dan berbicara. Mereka yang tidak menyanggupi persyaratan tersebut akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.


Selain permasalahan tersebut, BBC juga menyatakan setidaknya ada enam permasalahan di sekitar lingkup hidup kita sebagai manusia penghuni bumi ini. Ke enam permasalahan tersebut dikatakan wajib ditemukan pemecahannya.
Berikut adalah permasalahan-permasalahan tersebut :


1.Makanan: diperkirakan 1 dari 6 orang di dunia menderita kelaparan dan gizi buruk


2.Air: diperkirakan pada tahun 2025, dua pertiga orang di dunia akan mengalami krisis air yang parah


3.Energi: produksi minyak bumi mencapai puncaknya dan mulai menurun pada tahun 2010


4.Perubahan Iklim: tantangan terbesar adalah perubahan iklim, yang menyebabkan meningkatnya badai, banjir, kekeringan dan hilangnya spesies


5.Keanekaragaman hayati: Bumi yang sekarang telah memasuki tahap kepunahan spesies keenam terbesar


6.Polusi: bahan kimia berbahaya ditemukan di semua generasi baru dan diperkirakan satu dari empat orang di dunia terpapar polusi udara yang tak sehat
Sumber : timpakul.web.id 

Tentu kita dapat membayangkan apa yang akan terjadi jika ke enam hal tersebut terus berlangsung. Mari kita selamatkan bumi kita tercinta ini mulai dari sekarang.

| HOME |

This entry was posted on Thursday, October 06, 2011 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments