3M - Mari Mulai Membangun  

Posted by Frans
Tentu kita sadar bahwa teknologi semakin berkembang. Perkembangan yang semakin pesat itu pun menjadi acuan bagi Negara kita ini untuk terus berkembang agar tidak kalah bersaing dengan Negara-Negara lain. Namun di sisi lain, kita sebagai warga negara juga harus sadar bahwa Negara membutuhkan kita untuk dapat berkembang.

Dapat kita lihat keadaan Negara kita saat ini sedang terguncang oleh beberapa masalah yang ada. Mulai dari bencana alam hingga ke masalah-masalah yang timbul di masyarakat maupun pemerintahan. Sebagai warga negara tentu kita wajib sigap dan cermat dalam menghadapi permasalahan negara kita sendiri. Karena kemajuan suatu Negara terlihat dari seberapa besar pengorbanan warga negaranya untuk membuat negaranya lebih berkembang.

Sebagai contoh sederhana, pembangunan suatu negara tidak bisa dipungkiri memiliki ketergantungan pada kesetiaan warga negaranya dalam melakukan kewajibannya untuk membayar pajak. Mungkin memang seperti itulah teori yang ada, tetapi tak dapat dipungkiri bahwa terdapat oknum-oknum yang menggunakan uang rakyat demi kepentingannya sendiri. Hal itu sudah menjadi rahasia umum. Oleh karena itu, tidak bisa disalahkan juga jika para warga negara menjadi enggan untuk membayar pajak. Mungkin hal tersebut menjadi salah satu alasan mereka untuk enggan membayar pajak, atau bahkan memang keadaan perekonomiannya yang sulit. Jika memang benar hal tersebut terjadi karena keadaan perekonomian yang dibawah rata-rata, maka bukankah sudah menjadi misi dari pemerintah untuk mensejahterakan kehidupan bangsa ?

Tidak jarang terjadi aksi demokrasi mengingat banyak sekali kepentingan untuk masyarakat yang terbengkalai demi memenuhi kepentingan yang sebenarnya memang kurang penting. Sebagai contoh sederhana, apakah pembangunan gedung baru yang megah dan mewah lebih penting dibandingkan dengan perbaikan keadaan fasilitas lalu lintas di berbagai wilayah yang sudah memprihatinkan ? Sebenarnya Negara kita telah memiliki warga negara yang bisa dikategorikan aktif dalam membantu pembangunan Negara. Tetapi patut dipertanyakan apakah seluruh dana dari rakyat telah dipergunakan dengan semestinya ? Di sisi lain, apakah semua keadaan ini memang merupakan kesalahan murni para petinggi Negara kita ? Mungkin ada baiknya, kita masing-masing individu mengintropeksi diri kita. Apa yang telah kita usahakan demi membangun Indonesia kita tercinta ini menjadi suatu Negara yang maju dan tak kalah bersaing dengan Negara-Negara lain ? Mungkin memang tidak semudah mengucapkannya, tetapi bukankah akan lebih baik lagi jika kita semua sebagai bagian dari Negara ini mengambil bagian untuk turut berusaha membangun Negara tercinta kita Indonesia ini dengan sebaik mungkin baik dari segi pendidikan hingga perekonomian ?

Marilah kita renungkan bersama dan lakukan yang menjadi kewajiban kita untuk membangun Indonesia ini menjadi Indonesia yang lebih baik.


| HOME |

This entry was posted on Saturday, November 12, 2011 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments