Telesurgery  

Posted by Frans
Telesurgery atau yang bisa disebut juga sebagai remote surgery diturunkan dari bahasa Yunani yaitu tele yang berarti jauh dan cheirourgia yang berarti dikerjakan dengan tangan. Telesurgery merupakan teknologi dimana sebuah pembedahan pasien dilakukan secara remote (dikendalikan dari jauh). Proses pembedahan itu sendiri dilakukan secara langsung oleh sistem robot yang dikontrol dokter bedah dari lokasi lain.

Telesurgery menjadi mungkin dilakukan semenjak pembedahan laparoscopic di akhir tahun 1980an. Laparoscopy merupakan sebuah prosedur bedah dimana sebuah laparoscope (saluran ringan yang tipis) bersama perangkat lain dimasukkan ke dalam abdomen melalui torehan kecil dan akan divisualisasikan pada sebuah monitor untuk mengetahui keadaan di dalam.

Pembedahan dengan bantuan komputer dilakukan pertama kali pada pertengahan tahun 90an dan menjadi batu loncatan untuk mencapai teknologi remote surgery. The ZEUS Surgical System, yang didevelop pada 1995 oleh Computer Motion, Inc., disetujui oleh Federal Drug Administration (FDA) pada 2002 untuk penggunaan umum dan pembedahan laparoscopic dengan pasien dan pembedah dalam ruangan yang sama. ZEUS dilengkapi sebuah AESOP endoscope positioner, dan tangan robot yang memiliki peralatan bedah. Tangan-tangan robot ini dikontrol oleh dokter bedah yang duduk beberapa meter dari pasien. Visualisasi dikontrol menggunakan suara, sedangkan tangan robot dikontrol oleh gerakan tangan dokter bedah.

Pembedahan dengan bantuan komputer ini memiliki beberapa keunggulan dibanding metode tradisional dalam pembedahan laparoscopic. Salah satunya adalah menetralisir tangan dokter bedah yang gemetar saat proses pembedahan berlangsung karena digantikan oleh tangan robot. Selain itu visualisasi juga dilakukan dari beberapa sudut pandang sehingga dokter bedah dapat melihat lebih jelas. Dokter bedah juga dapat melakukan manuver bedah pada konsol, yang kemudian dapat dicek ulang hingga yakin keamanan serta efisiensinya. Setelah itu proses bedah akan dilakukan robot sesuai tahapan yang telah dimanuverkan oleh dokter bedah sebelumnya.


Sumber :http://www.surgeryencyclopedia.com/St-Wr/Telesurgery.html

| HOME |

This entry was posted on Sunday, June 21, 2015 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments