.Hack//G.U.  

Posted by Frans
   Jika sebelumnya telah dibahas mengenai rating untuk video game, sekarang saya akan membahas mengenai salah satu judul game favorit saya. Sebagai salah satu pecinta genre RPG tentu banyak sekali judul game bergenre ini yang telah saya mainkan dan menjadi favorit, namun untuk kali ini saya hanya akan membahas salah satu judul dari sekian banyak judul favorit yaitu dot hack G.U. series (.hack//G.U.) untuk platform Playstation 2. Seri game ini menjadi salah satu seri favorit untuk platform Playstation 2 selain Final Fantasy series, Suikoden series, dan lain-lain dikarenakan fitur yang menarik di dalamnya dimana pemain akan merasakan sebuah sensasi game-ception atau bermain game di dalam game.

   Dalam .Hack//G.U. ini, kita sebagai pemain akan berperan sebagai seorang pemain game online yang akan dihadapkan dengan banyak permasalahan dalam dunia game online yang disebut "The World". Game ini dibuat sedemikian rupa hingga kita akan merasakan hampir benar-benar berada dalam dunia game online dimana karakter yang kita mainkan dapat berinteraksi (berbincang hingga melakukan transaksi barang/item hingga kedua belah pihak mencapai kesepakatan) dengan NPC yang berlalu lalang di dalam kota dan tentunya terdapat party system (melakukan undangan/invitation dengan NPC yang telah terdaftar sebagai teman) dan fitur dungeon dimana kita akan bertemu monster-monster untuk dikalahkan sebagai cara untuk meningkatkan level karakter maupun mencari item yang diinginkan.




   Selain dari fitur-fitur yang telah disebutkan, salah satu hal yang lebih menarik minat saya dalam memainkan game ini adalah alur kisah yang terkandung di dalamnya. Dapat dikatakan kisah yang diceritakan cukup menarik dan terbungkus rapih bersamaan dengan fitur game yang ditawarkan sehingga mampu membuat pemain merasa penasaran dengan apa yang akan terjadi selanjutnya.

   .Hack//G.U. terbagi ke dalam 3 bagian yaitu Rebirth, Reminisce, dan Redemption. Seri ini sebenarnya adalah lanjutan dari seri sebelumnya yaitu .Hack//Roots yang meliputi .Hack//Infection, .Hack//Mutation, .Hack//Outbreak, dan .Hack//Quarantine. Game ini dikembangkan oleh CyberConnect2 dan dipublikasikan oleh Bandai dari tahun 2006 hingga 2007. Pada seri G.U. pemain akan berperan sebagai Haseo yang berusaha mengembalikan Shino dari keadaan koma akibat AIDA, virus berbahaya yang menyerang sistem "The World". Sepanjang kisah untuk mewujudkan tujuannya mencari "Tri Edge", sang dalang yang membuat Shino jatuh koma, Haseo bertemu dengan berbagai rekan yang nantinya berperan penting dalam mengubah sikapnya menjadi lebih baik dan membantu suksesnya ia dalam menemukan kebenaran dibalik misteri "Tri Edge".

   Jika ditinjau dari kelebihan dan kekurangan, game ini memiliki sifat kontinuitas dimana untuk pemain yang ingin mengerti dan mengetahui kisah secara utuh dari game, maka pemain harus memulai bermain dari .Hack//Roots dan melanjutkan ke seri .Hack//G.U. Hal ini tentu bisa dikategorikan ke dalam segi kekurangan karena jika seseorang memulai dari DVD akhir (.Hack//G.U. Redemption), maka sudah pasti akan kebingungan dengan berbagai macam istilah yang ada maupun alasan dan/atau tujuan Haseo mengejar Tri Edge. Sedangkan kelebihannya adalah bagi pemain yang memulai pada seri pertama dan menyelesaikannya yaitu dari .Hack//Infection, maka mereka dapat melakukan konversi data untuk seri selanjutnya yaitu .Hack//Mutation dan seterusnya hingga pada akhirnya sampai pada .Hack//G.U. Redemption dan tetap menyimpan semua barang/item yang dimilikinya dari seri sebelumnya.

| HOME |

This entry was posted on Tuesday, June 10, 2014 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments