New Media  

Posted by Frans
NEW MEDIA IN EVERYDAY LIFE


     Kehidupan masa kini telah diwarnai dengan berbagai macam teknologi. Seakan-akan teknologi telah menguasai hampir sebagian kebutuhan hidup manusia. Dimulai dari hal-hal sederhana yang mungkin tanpa disadari selalu digunakan antara lain : televisi, radio, pendingin ruangan, penerangan, dan lain-lain.Teknologi ini semakin bertambah canggih, terutama teknologi komputer yang mulai merasuk menjadi salah satu komponen kebutuhan hidup. Dimulai dari perkembangan dan merebaknya konsol game yang menghubungkan user dengan dunia virtual hingga kian lama teknologi tersebut terus berkembang menjadi alat-alat canggih lainnya seperti handphone, MP3 player, dan lain sebagainya. Semua telah menempati baik ruang dan waktu dalam kehidupan manusia saat ini.

     Dalam kehidupan sehari-hari baik para dewasa maupun pemuda, tidak lepas dari keperluan digital. Contohnya tidak sedikit mereka yang bekerja sambil bermain games (multi-tasking) dengan alasan mengurangi tingkat kejenuhan. Demikian pula dengan pelajar yang senang mencuri kesempatan saat pelajaran berlangsung untuk beraktifitas di dunia maya lewat jejaring sosial. Tentu tidak ketinggalan dengan perkembangan dunia virtual itu sendiri melalui game-game yang kini dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai kehidupan nyata seperti jenis game perang terkini yang terkenal secara global yaitu Battle Field.

     Sesungguhnya dengan kenyamanan oleh teknologi komputer masa kini, berbagai aspek hidup mulai dari  hubungan dengan keluarga, rutinitas, bahkan relasi antara para konsumen teknologi ini dengan orang-orang di sekitarnya mengalami perubahan bertahap baik secara postif maupun negatif. Salah satu contoh dampak positifnya adalah kemudahan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan jaringan baik telepon maupun internet.

     Penggunaan telepon sendiri mulai beralih dari telepon rumahan menjadi telepon genggam (handphone). Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan di dalamnya, kini handphone menjadi salah satu gadget yang penting untuk dimiliki. Beberapa tahun yang lalu handphone hanya marak dipakai untuk kegunaan komunikasi secara audio dan short message service (SMS) saja. Tetapi dapat dilihat bahwa secara bertahap fitur yang ditawarkan dalam sebuah handphone menjadi semakin banyak mulai dari video call, video message, bahkan mini games. Tidak berhenti sampai di situ saja, kini berbagai perusahaan berlomba-lomba menerbitkan berbagai model gadget yang dapat digunakan sebagai palmtop dan handphone sekaligus dengan fitur gandanya yaitu sebagai media komunikasi dan juga sekaligus sebagai pengganti laptop.

     Disamping kemudahan yang disuguhkan oleh teknologi canggih masa kini, terdapat pula sisi buruk mulai dari berkurangnya komunikasi secara langsung baik antar keluarga bahkan dengan antar individu lain. Anak-anak terlarut dalam kenikmatan bermain game di dunia virtual. Tidak sedikit yang bahkan rela mengorbankan waktu belajarnya hanya untuk bermain. Sikap berontak pun timbul dari sisi kejiwaan anak terhadap orang tua yang mencoba menasihati dan membatasi kebebasan anak untuk bermain. Tidak hanya sampai di situ saja, kasus-kasus kematian disebabkan oleh over gaming juga banyak sekali terjadi secara global. Kejadian ini tidak terbatasi oleh umur dengan artian banyak juga orang dewasa yang akhirnya meninggal hanya karena dunia virtual ini. Di beberapa negara maju seperti Korea bahkan terdapat orang tua yang meninggalkan bayinya di rumah selama 3 hari hanya untuk bermain game di sebuah internet cafe yang berakibat kematian si bayi. Sisi negatif ini tidak terpaku berasal dari dunia virtual (game) saja melainkan juga peralatan komputer lain seperti handphone. Dapat dibuktikan sendiri ketika sedang berjalan di keramaian, banyak sekali orang-orang yang seakan terhipnotis oleh handphonenya sendiri. Mereka fokus kepada handphonenya sambil melakukan aktifitas baik berjalan kaki, berkendara, belanja, bekerja, belajar, dan lain sebagainya.

     Dengan demikian kenikmatan oleh komputerisasi saat ini sebaiknya digunakan dengan bijaksana tanpa harus menyerahkan keutuhan pondasi hidup pada mesin-mesin itu. Jika tidak, sikap individualis akan semakin bertumbuh dan dapat mengakibatkan kekacauan sosial. Ada baiknya kita menyediakan waktu khusus untuk berekreasi dengan keluarga atau rekan dan sahabat dengan meninggalkan sejenak kehidupan yang penuh dengan kecanggihan ini.

| HOME |

This entry was posted on Tuesday, November 27, 2012 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments